Ikan-ikan di Kali Krukut

Sejak SMP, Doni rutin memancing di hari minggu. Rutinitas dimulai dengan mengorek-ngorek gundukan sampah di Rengas. Saya sendiri tidak ingat pasti dimana lokasi ini, mungkin di dekat pasar? Doni sudah tak hirau pada sengatan bau sampah. Cacing-cacing terbaik untuk umpan ada di sana, ”segar-segar” katanya. Orang pertama yang mengenalkan dunia tarik-ulur kail pancing adalah mamang-nya. Kala itu, pertengahan dekade 1990.

Lokasi memancing ideal adalah muara di samping kuburan Pecandran, dekat jembatan Kebalen VII. Muara itu, yang belum pernah saya kunjungi, merupakan pertemuan kali Krukut dengan kali Mampang. Setiap memancing, Doni mendapat Lele, Gurame, dan Sapu-sapu “dan itu besar-besar ikannya, kurang lebih hampir setengah kilo”. Lokasi lain, tempat ia mendapat Gurame besar pada foto, adalah sekitar jembatan Rengas, yang juga dilintasi kali Krukut.

Bagi pemancing, waktu terbaik adalah setelah banjir. Terbayang mereka berjingkrak kegirangan membawa kail dan ember, sementara saya sekeluarga sibuk menggosok tembok dan sofa. Demikian, setelah kuburan Pecandran digusur, Doni berhenti ke muara. Setahun lalu, saat menengok lokasi kebakaran di Kebalen VII, saya mendapati sebagian pinggir kali itu sudah ditembok setinggi beringin. Ia tidak lagi jadi milik orang banyak.

Dari memancing dan percobaan memasak, Doni menemukan cara mengolah ikan Sapu-sapu. “Awalnya gue gak tahu kalau ikan itu bisa dimakan”. Pertama, rendam ikan dalam air mendidih selama 30 menit. Untuk ini, bukan panci yang digunakan, tapi kaleng bekas minyak goreng, “waktu itu kan minyak goreng dijual pakai kaleng”.  Setelah kulit ikan terkelupas, bersihkan layaknya ikan biasa. Kemudian, masak ikan dengan bumbu kuning. Berkat cara ini, Doni bisa menikmati lebih banyak ikan dari Kali Krukut, begitu juga kawan-kawannya, “asli enak banget itu”.***

#akamsi Senopati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: