Bakso-Bakso Blok – S dan Sekitarnya

Jelang usia 40, saya baru sadar kalau bukan penggemar bakso. Gara-gara dihampiri aroma bumbu kacang campur jeruk limo, padahal di Berlin gak ada tukang siomay keliling. Halusinasi ini menggugah, saya gak pernah kangen bakso. Tapi, gak juga bisa bilang gak suka, cuma jadi tahu kalau itu saya santap demi keluarga dan pergaulan. Apalagi dulu tinggal dekat bakso-bakso kondang se-Jakarta. Untuk cerita kali ini, saya ajak Nurfa, yang doyan makan bakso.

Bakso AHA yang pertama disebut. Saya ke sini dua tahun lalu karena reunian teman SD, salah satunya ya, si Nurfa. Restoran ini ada di jalan Senopati, sedia bakso gepeng, seperti di A Fung, yang jarang ditemui di tempat lain. Setelah itu, bakso Mustika di pinggir lapangan blok S. Lokasinya beda sisi dengan Bakso Kumis, jadi mungkin jarang dikenal. Warung ini sedia bakso urat dan daging yang bertekstur lembut. Bakso depan SMEA 4 Pejaten juga jadi favorit. Jusni Fitriani yang gabung di obrolan kami, via IG Live, ikut membenarkan.

Bakso beranak, bakso keju, bakso lobster, dan lain-lain yang kekinian, relatif kurang cocok di lidah. Kata Nurfa, “selera gue klasik”. Tak satu pun bakso gerobakan pernah jadi idolanya, yang dinanti adalah tukang bakso pikulan. Alasannya, tongcai. Siapa tahu ini tanpa meng-goggling? Ia terbuat dari sawi putih yang diasinkan, bentuknya serupa korek api yang tebal tapi keriput, dan suka digunakan sebagai topping bubur ayam.

Lalu, yang juga klasik adalah Bakso Kubil. Sejak dulu, gak tahu kapan, ia bersepeda keliling lewat area Rengas. Andalannya bakso dipotong-potong lalu disiram bumbu kacang. “Itu anak gue demen banget” imbuh Nurfa. Ya, kalau itu saya juga suka. Waktu SD, tiap pulang sekolah pasti lewat Bakso Siomay Joni. Sayang, gak mampu beli. Uang jajan cuma 500 rupiah, sedangkan seporsi harganya 2000. Jadinya cuma bisa ngiler, dililit aroma saus kacang yang mengudara bersama uap bakso-bakso panas.

#akamsisenopati

Teks: Rika Febriyani

Narator dan Foto: Nur Fadillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: